Sunday, July 10, 2016

Pendirian Sebagai Pembenteng Diri



Merokok agar diakui gentle

Berbagai contoh salah pergaulan banyak bermunculan dalam satu decade terakhir. Pelaku paling tinggi adalah remaja. Kenapa remaja ?, karena mereka berada diusia yang mudah dipengaruhi ajakan teman dekat,teman sebaya maupun saudara terdekat. Pengakuan didalam pertemanan dan ingin dibilang kompak tanpa mau tau akibatnya. Beberapa remaja menunjukan sikap yang berbeda ketika dilingkungan rumah dan luar rumah, sehingga membuat orangtua kebobolan dalam pengawasan.
Banyak disiarkan di TV kejahatan berupa pembunuhan, pemerkosaan, serta penculikan yang didalangi oleh remaja. Kalau dibayangkan secara sederhana, darimanakah mereka belajar menjadi sebrutal itu ?. Lagi-lagi bisa saya bilang ini merupakan salah pergaulan sehingga hal-hal biadab tak seperti manusia bisa dilakukan. Ilmu agama dan moral seakan hilang begitu saja dari mereka. Coba kita ingat kembali pembunuhan dan pemerkosaan keji terhadap Eno P, pembuat ide pembunuhan keji tersebut adalah kedua teman dari pacar si korban. Efek salah pergaulan yang membuat kita geleng-geleng.
Salah pergaulan diera modern didukung dengan bebasnya konten-konten tidak layak tonton, minuman keras yang bisa didapat secara mudah, dan sifat remaja yang memang suka coba-coba, sebagian dari mereka  justru bangga ketika ditantang melakukan hal-hal negative. Jika kita perhatikan dengan seksama dari mereka yang salah pergaulan dengan yang tidak, mereka memiliki perbedaan di PENDIRIAN.
Seorang remaja yang memiliki pendirian baik akan mampu membentengi diri dari salah pergaulan, mereka mampu berpikir bahwa hal negative hanya menimbulkan masalah, dosa dan ketidaktentraman. Kegiatan-kegiatan positive lebih menyenangkan daripada diakui sebagai teman dalam pergaulan yang salah. Remaja yang tidak punya pendirian cenderung bertingkah sesuka hati, senang berkumpul melakukan kegiatan negative demi diakui keberadaanya. Jika dilihat sebenarnya kehidupan mereka ini hampa, hanya diakui jika bisa melakukan hal-hal bodoh seperti perkumpulan mereka. Hidup dengan rusuh, tidak tentram, brutal dan dibenci masyarakat.
Peran agama dan pendidikan moral sangat penting demi kesadaran mereka, namun kembali pada PENDIRIAN. Saat kedua ilmu tersebut kita tanamkan pada diri remaja tanpa adanya pendirian dari diri remaja itu sendiri, kedua ilmu tadi akan mdah dikesampingkan demi kesenangan.Pendirian adalah bentuk mental terdalam, seperti sebuah iman yang diyakini dan dilaksanakan. Harus semaksimal mngkin membarengi masuknya ilmu dengan contoh-contoh nyata dikehidupan, sehingga remaja percaya dan menjadi dasar bahwa hal baik akan membawa kebaikan dan hal buruk yang dipikir menyenangkan hanya menimbulkan kerugian. Ada keyakinan yang besar jika semua remaja terarah pada PENDIRIAN mereka yang baik, maka akan berkuranglah kejahatan dan kenalakan pada remaja.
Saya sendiri bukan serang psikolog namun saya melihat secara umum dimasyarakat. Saya rasa pendirian sama kuatnya dengan Iman, melaksanakan perintahnya dan menajuhi larangannya. Semoga tulisan saya bermanfaat. Terimakasih bagi yang sudah membaca silahkan tinggalkan komentar dan saran anda .

No comments:

Post a Comment

Bisnis dirumah, Kerja Sampingan (Sesimple itu sambil belajar digital marketing)

            Hai agan dan sista, hari ini aku mau share pengalamanku jualan olshop dari bermacam produk gonta ganti yang akhirnya cuma jadi ...